cara membuat lampu hazard dengan mudah

 menjadikan lampu sein dimotor agar nyala berbarengan serta berkedip-kedip namun tak memengaruhi manfaat sein nya jika kita ingin belok ke kiri atau ke kanan.
Yang blom tau, hazard merupakan sinyal bahaya/darurat, jika di kendaraan bermotor, biasanya roda empat, sinyal hazard berbentuk ke empat sein menyala bersamaan.

Langkah perdana, sederhana & vulgar
Umumnya user ikhlas memodifikasi manfaat sein ke hazard oleh men"jumper" ke-2 jalur sein kiri & kanan. Pasti saja manfaat sein tidak terdapat sekali lagi, sebab walau saklar sein di-klik ke kanan/kiri, masih sama ke empat lampu sein nyala bersamaan. Dulunya saya gunakan trick ini Masalahnya, lumayan ribet jika ingin berbelok arah sebab ingindara lain tidak tau ke mana kita ingin berbelok. Serta pasti langkah tersebut menyalahi ketentuan lalin. Jadi, lupakan!
Langkah ke-2, tetap termasuk sederhana …
Serupa misal langkah perdana namun kesempatan ini memakai saklar penambahan yang dikhusus tuk menyalakan hazard. Saklar yang dipakai bertipe DPST (dual-pole single-throw) … saklar ini miliki 4 terminal.
Image result for cara membuat lampu hazard
Sein+Hazard sederhana
Oleh langkah diatas, manfaat sein tetap dapat dipakai. Masalahnya, jika hazard tengah aktif, manfaat sein tidak dapat dipakai. Jadi jika ingin berbelok arah, hazard mesti dimatikan dulu (oleh meng-klik sakelar hazard), lalu click sakelar sein kepada menyalakan sein … Terkadang repot pula : D
Langkah ketiga, oleh memakai modul (rangkaian elektronik) spesial kepada mengatur manfaat sein serta hazard. Modalnya tidak banyak … hanya butuh :
2 buah relay DPDT (dual-pole dual-throw) 8-kaki …
cara membuat lampu hazard

Relay DPDT 8-pin
… 2 butir resistor 82~100 ohm 1/4 watt …

Resistor 82 ohm
… 4 butir diode rectifier 1A (anjuran saya, pakai yang 1. 5A atau 3A) …

Diode rectifier 1A
… 1 buah saklar SPST (single-pole single-throw) …

Sakelar SPST (OFF-ON)
ada banyak potong kabel (jika dapat warnanya serupa misal warna kabel-kabel di motor), sekeping kecil PCB polos satu layer (berukuran 4. 5X3. 0 cm), serta boks kepada menaruh rangkaian/modul.
Ini print-out PCBnya (format CorelDRAW X4) … segera print, bikin ke PCB, serta rakit komponennya :)
novaera_sein-hazard (rename. doc jadi. cdr)
Ini layout rangkaian serta wiring-nya …

Sein+Hazard Layout
Sesudah rangkaian usai dirakit, waktunya instalasi di motor … Ini contoh pemasangan modul "Sein-Hazard" di motor Honda :)

Instalasi modul " Sein+Hazard "
Nah, oleh modul ini, saat hazard tengah menyala, trus saklar sein dinyalakan, hazard bakal OFF sesaat, serta lalu automatis menyala kembali saat sein dimatikan. Jadi tidak mesti mematikan hazard terlebih dulu kepada menyalakan sein.

0 Response to "cara membuat lampu hazard dengan mudah"

Posting Komentar