begini penyebab motor tidak bisa distarter

Ini merupakan pengalaman adik saya oleh permasalahan motornya yakni Vario tak dapat di starter dengan cara mendadak. Peristiwa ini berlangsung saat bakal pulang sesudah usai berbelanja serta keluar besutan satu toko.
Sepeda motor mendadak tak dapat di start oleh memakai tombol start, keadaan ini serupa oleh baterai yang soak, motor/dinamo starter tak bisa bekerja. Serta yang unggul kronis sekali lagi kick starter macet sebab telah lama tak pernah dipakai. Pada akhirnya motorpun ditarik kerumah. Yang memiliki motor segera membongkar penutup CVT samping kiri kepada bersihkan kotoran yang menempel selanjutnya komponen CVT hingga kick starter bisa dipakai sekali lagi. Yang memiliki motorpun beli aki anyar sebab fikirnya aki lama telah nyaris berumur 3 th., jadi lumrah apabila keadaannya sudah soak.
Tetapi apa yang berlangsung, sesudah penggatian aki oleh yang anyar, motor masih sama tak bisa dihidupkan lewat tombol start. Kepada selain itu adik memohon pertolongan saya kepada mengecek permasalahan apa yang berlangsung selanjutnya motornya.

Persoalan
Selanjutnya waktu dikerjakan periksaan saya memperoleh keanehan, yang mana jika lampu rem dicabut, motor bisa distart lewat tombol start, apabila lampu nya dipasang kembali permasalahan muncul sekali lagi. Permulaan keraguan muncul waktu lihat keadaan nyala lampu rem yang tak normal, maklum vario kan waktu start mesti sembari impresif tuas rem. Keanehannya yang mana apabila saat tuas rem ditarik sedikit saja nyala lampu jelas normal, tetapi waktu tuas ditarik penuh nyala lampu jadi redup. Lihat keadaan lampu misal ini, keraguan tertuju selanjutnya saklar lampu rem samping kanan. Sesudah kabel dilepaskan besutan saklarnya serta kabelpun disambung segera tanpa ada dimasukan ke saklar, nyala lampu normal serta waktu di cobalah kepada menghimpit tombol start nyatanya motor bisa dihidupkan. Nyatanya sangkaan itu benar, saklar lampu remlah yang punya masalah. Jadi selanjutnya saklar ada timbunan kotoran yang sudah menumpuk, maka waktu kotoran terserang air, listrik beberapa kabur serta tersambung singkat lewat kotoran tadi menuju setang kemudi (arde), yang menyebabkan listrik besutan aki tak kuat memutarkan motor starter.

Saksikan saklar samping kanan (sinyal panah)
penyebab motor tidak bisa distarter

Jalan keluar
Sebelumnya mengambil keputusan kepada ganti saklar oleh yang anyar, saklar yang melekat selanjutnya stang kemudi dilepaskan selain itu dibikin bersih oleh langkah disemprot oleh cairan contac cleaner atau WD sembari tuas saklar ditekan tekan, sesudah di rasa lumayan selain itu dipasang sekali lagi selanjutnya dudukannya.
Tiba waktunya dijajal, tombol start ditekan sembari tuas rem ditarik serta bremmm…… sepeda motor segera hidup. Nyatanya biang keroknya terdapat selanjutnya saklar lampu rem samping kanan bukanlah besutan aki yang tekor. Serta aki lamapun nyatanya tetap dapat dipakai.
Ini hanya satu diantara masalah penyebabnya vario tak dapat di starter, sesungguhnya tetap banyak masalah yang lain penyebabnya motor tak dapat di starter.
Mudah-mudahan berguna.

1 Response to "begini penyebab motor tidak bisa distarter"

  1. motor mio GT saya,tidak bisa stater tangan
    kalau saya stater tangan cuma bunyi kek kek gitu,kira kira masalahx apa ya

    BalasHapus